Jumat, 27 Februari 2009

ramalan orang - orang trowulan

kaget banget saat saya mengajar anak- anak tentang epirogenesis. saya juga heran apa benar ini memang ilmiah. ternyata daratan jawa bagian utara itu dulunya adalah tidak ada. dikarenakan adanya pergeseran lempeng maka yang dulunya adalah laut naik ke atas dan menjadi daratan tambahan. dan saat itu juga saya teringat bahwa di daerah saya ada sebuah ramalan bahwa suatu saat surabaya akan menjadi rawa dan pada akhirnya tengelam. ya saya juga ingat guru sejarah bilang bahwa majapahit dulu itu dekat laut dan sungai brantas adalah bibirnya laut.
ya ini bukannya saya meramal, ya gak papa wes kalo dianggap meramal, tapi agak ilmiah.
menurut saya memang benar suatu saat bukan saja surabaya tetapi juga seluruh jawa bagian utara akan tenggelam. apabila terjadi epirogenesa negatif kemungkinan suatu saat terjadi epirogenesa positif. ya ternyata enak juga belajar geografi. sedikit - sedikit kita bisa memprediksi apa yang akan terjadi di masa depan pada lingkungan kita.
apa semua masih ingat dalam daerah-daerah yang potensial gempa dan tsunami?
gak ada yang ingat?
seingat saya laut jawa itu potensi gempa dan menghasilkan tsunami. ingat akibat dari gempa aceh?
salah satunya adalah berkurangnya daratan dengan sangat signifikan.pantai semakin masuk ke daratan.
trus apakan surabaya akan tenggelam karena airnya dari ombak tsunami?
menurut saya tidak.yang terjadi adalah daratan yang selama ini ada di permukaan air laut akan secara tiba - tiba tenggelam. jatuh di bawah permukaan laut.
katanya segalanya berpasangan, maka kalo terjadi epiro genesa negatif pasti akan terjadi epirogenesa positif. ya berdoa aja masih lama ato tidak terjadi.
ramalan ini kan semakin kuat dengan munculnya lumpur lapindo, sehingga dasar dari tanah yang di pijak akan rapuh karena berlobang. lumpurnya juga sulit berhenti.
oleh karena itu mending pindah deh ato anceng - anceng punya tempat tinggal di daerah jawa selatan atau tengah.ato cari jodoh yang punya rumah di selatan kayak saya ini. ya minimal kerajaan majapahit ke selatan, atau demak ka selatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar